Social Distancing artinya kita harus menjauhi kerumunan orang yang ramai, tidak pergi ke acara konser, pesta, atau berkumpul di satu tempat tertutup. Selain itu, ada pula anjuran untuk menjaga jarak setidaknya satu meter dengan orang lain saat berada di tempat umum. Social Distancing diberlakukan menyusul merebaknya  Covid-19 yang saat ini sudah menjadi wabah global.

 

Hal ini juga berdampak pada bidang pendidikan yang mengakibatkan Proses Belajar Mengajar (PBM) terganggu, untuk mengantisipasi penyebaran covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengintruksikan kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota agar di masing-masing Satuan Pendidikan meliburkan peserta didik atau belajar dari rumah selama 14 hari.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 ( download )Tentang Pelaksanaan  Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona virus Desease (Covid-19). Isinya antara lain proses belajar dari rumah dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut :

a. Belajar dari Rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar  yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun keluiusan;

b. Belajar dari Rumah dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi Covid-19;

c. Aktivitas dan tugas pembelajaran Belajar dari Rumah dapat bervariasi antarsiswa, sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses/ fasilitas belajar di rumah;

d. Bukti atau produk aktivitas Belajar dari Rumah diberi umpan balik yang bersifat kualitatif dan berguna dari guru, tanpa diharuskan memberi skor/nilai kuantitatif.

Apa Peran guru BK dalam Masa Social Distancing?

Banyak Guru BK yang bingung dalam mengisi kegiatan yang dapat dilakukan ketika semua siswa kondisi belajar di rumah. Ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan oleh guru BK dalam masa Social Distancing atau ketika siswa belajar dari rumah. Salah satunya adalah membuat Survei kegiatan  siswa pada saat  belajar dari rumah. Kegiatannya antara lain:

  1. Pemahaman siswa tentang Covid-19
  2. Kegiatan yang dilakukan siswa selama masa Social Distancing
  3. Menceritakan pengalaman siswa dalam bentuk narasi minimal satu paragraf tentang perasaan siswa saat belajar dari rumah ( belajar berliterasi )

 

Karena kegiatan ini dilakukan secara online, maka akan lebih mudah dilakukan dengan menggunakan Google Formulir , karena lebih mudah dan praktis. Cara penggunaannya dapat klik dan download  link di bawah ini.

Cara Menggunakan Google Formulir

Terkait dengan survei kegiatan siswa pada masa belajar di rumah, ada beberapa contoh pertanyaan yang bisa dijadikan acuan yang bisa disesuaikan dengan  pemahaman siswa tentang Covid-19 dan  kegiatan siswa di rumah pada masa Social Distancing. Pada bagian akhir siswa juga diminta menceritakan pengalamannya ketika menjalani kegiatan belajar di rumah. Kegiatan ini secara tidak langsung dapat mendidik siswa dalam berliterasi.

Dalam pembuatan Google formulir nantinya dapat dibuatkan sesuai dengan tingkatan kelas agar tidak terlalu banyak tanggapan. Bisa per kelas (misal: kelas 7A,7B, 7C,….dst ) atau pertingkatan kelas ( misal: Kelas 7, 8, 9 ).

Di bawah ini adalah link yang sudah jadi yang bisa dijadikan contoh dalam pembuatan Google Formulir dan bisa di klik untuk diisi agar tahu bentuk jadinya nanti ketika dipraktikkan.

bit.ly/Spenspra_SocialDistancing

Link yang akan anda buat nanti bisa dishare di group “Whatshapp” ketua kelas, ini akan lebih mudah dan efektif, dengan catatan anda masuk di anggota group. Link ini juga bisa di buka dan diisi melalui smartphone android yang semua siswa pasti memiliki.

Contoh beberapa Pertanyaan yang bisa dimasukkan dalam survei kegiatan siswa belajar di rumah :

  1. Apa yang anda ketahui tentang Covid-19 ?
  2. Apa yang dimaksud “Social Distancing” ?
  3. Apa yang dimaksud dengan ” Lockdown” ?
  4. Apa yang dimaksud dengan “Pandemi” ?
  5. Sebutkan pengertian dari ODP !
  6. Sebutkan Pengertian dari PDP !
  7. Apa yang dimaksud dengan “Suspect” ?
  8. Apa saja kegiatan yang anda lakukan pada masa Social Distancing ?
  9. Pukul Berapa anda melakukan kegiatan belajar di rumah ?
  10. Siapa yang menemani anda ketika belajar di rumah ?
  11. Pernahkan anda keluar rumah pada masa Social Distancing ?
  12. Kalau jawaban anda “pernah”, untuk urusan apa ?
  13. Bagaimana perasaan anda ketika menghadapi Social Distancing yang berakibat sekolah diliburkan dan siswa wajib belajar di rumah. Coba Ceritakan pengalaman anda dalam bentuk narasi minimal satu paragraf.